Sabtu, 06 Februari 2010

Menteri pertanian canangkan penanaman koro pedang di jawa barat

Mentan Canangkan Penanam Koro Pedang Jawa Barat

Tanaman Koro Pedang kini akan menjadi bahan baku pembuatan tahu tempe. Petani di Jawa Barat tengah berupaya agar komoditi ini lebih dikenal luas dan diterima masyarakat. Untuk mendukung tersebut, atas inisiatif petani yang tergabung di dalam Himpunan Petani, Peternak, dan Pekebun Indonesia (HIPPPI) Jawa Barat akan mengembangkannya seluas 5000 hektar.

Terkait dengan itu, Menteri Pertanian, Anton Apriyantono, Jum’at pekan lalu melakukan pencanangan penanam koro pedang untuk Propinsi Jawa Barat. Pencanangan ini dilakukan di Desa Pesawahan, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ketika memberikan arahan usai melakukan penanaman perdana, Mentan menjelaskan bahwa koro pedang bisa berperan sebagai diversifikasi sumber protein nabati selain kedelai.

Koro pedang disebut juga Koro Bedog merupakan salah satu tanaman yang dibudidayakan secara turun temurun di Indonesia. Tanaman ini sangat toleran terhadap kekeringan dan mampu tumbuh disegala jenis tanah, bahkan tanah yang marginal.

Sedangkan kandungan gizinya tidak kalah dengan kacang kedelai, koro pedang memiliki kandungan proteinnya mendekati kedelai (kandungan protein koro pedang mencapai 27, 4%, kedelai 39 %). Dengan kandungan karbohidratnya sebesar 63,5 % sementara kedelai hanya 35,5 %.

Koro pedang dapat diolah menjadi baku tempe, tahu, tauco, pakan ternak. Namun Mentan mengingatkan biji koro pedang mengandung zat toksik seperti kholin, asam hidrozianine dan trogonelin, oleh karenanya perlu cara yang khusus untuk mengonsumsinya.

Pengembangan koro pedang mempunyai peluang yang cukup besar yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi keresahan pengrajin tahu, tempe dan pakan ternak akibat kekurangan kedelai.

http://koropedang.wordpres.com


share

Bacalah Juga Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes