Sabtu, 06 Februari 2010

Kacang Koro Disiapkan Jadi Substitusi Kedelai

Ditengah semakin melambungnya harga kedelai, kacang koro diyakini mampu menjadi bahan komoditi alternatif sebagai pengganti kedelai. Pengembangannya saat ini dilakukan oleh lintas departemen guna mendukung ketahanan pangan.

“Kacang Koro patut bersama-sama dikembangkan dan sangat potensial sebagai alternatif kedelai, terutama kalau dikembangkan secara serius untuk membuat tempe,” kata Menteri Perindustrian Fahmi Idris disela-sela membuka pameran produk industri dan teknologi yang mendukung pengolahan pangan,di plasa pameran industri Departemen Perindustrian,Rabu (30/01/2008).

Untuk itu ia mengharapkan dibutuhkan kerjasama lintas departemen yaitu Departemen Pertanian, Departemen Kesehatan dan Departemen Perindustrian untuk mengembangkan kacang koro.

“Bahkan berdasarkan kapasitas per hektar, kacang koro lebih tinggi dari kedelai,” ujarnya.

Sehingga ia yakin secara produktifitas, kacang koro bisa bersaing dengan produktifitas kacang kedelai yang selama ini biasa dipakai untuk bahan baku tempe.

Soal rasa, Fahmi mengakui kelezatan tempe dari kacang koro rasanya tidak jauh berbeda dengan tempe berbahan baku kedelai. Namun ia mengharapkan harus ada pengembangan lebih lanjut agar rasa dari tempe kacang koro bisa diterima oleh lidah masyarakat secara umum.

“Tadi saya sudah coba, ternyata rasanya tidak jauh berbeda dengan tempe, tapi karena kurang matang jadi agak keras,” imbuhnya.

http://www.detikfinance.com/read/2008/01/30/121903/886400/4/kacang-koro-disiapkan-jadi-substitusi-kedelai
http://koropedang.wordpress.com

share

Bacalah Juga Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes