Selasa, 19 April 2011

Koropedang Purworejo Diserang Karat Daun

PURWOREJO (KRjogja.com) - Tanaman koropedang yang dibudidayakan petani di Kabupaten Purworejo terserang karat daun. Akibatnya, daun keriting dan akan mengganggu produksi buah koro.

Konsultan koropedang Purworejo, Dani Mpu Dandun mengatakan, jika tidak segera ditangani, biji koropedang yang dihasilkan bisa menurun. "Bisa pengaruh pada buah atau biji koro yang nantinya akan dihasilkan. Pasti kurang optimal," terangnya kepada KRjogja.com, usai melihat budidaya koropedang di Desa Pringgowijayan Kecamatan Kutoarjo, Sabtu (7/8).

Menurutnya, penyebab penyakit tersebut lantaran suplai makanan yang kurang. Dikatakan, kemungkinan petani kurang melakukan pemupukan, sehingga daya tahan tanaman berkurang.

Penyakit tersebut bisa ditangani dengan melakukan pemupukan yang rutin dan berimbang. "Ibaratnya tubuh manusia, jika suplai makanan kurang maka akan sakit. Tanaman juga memiliki tipe yang sama," paparnya.

Serangan karat daun tersebut tidak terjadi pada seluruh hamparan. Dalam satu hamparan, hanya ada satu dua tanaman koropedang yang terkena karat daun. "Kemungkinan pada tanah tempat tanaman sakit itu tumbuh, kondisi haranya kurang bagus," tuturnya.

Terpisah, Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Purworejo, Eko Anang SW menambahkan, keriting daun juga diakibatkan oleh serangan ulat dan kutu. "Serangga itu membuat daun keriting. Zat makanan dalam daun diserap hama sehingga tanaman tidak bisa produksi buah secara maksimal," ucapnya.

Namun, serangan hama tersebut hanya terjadi pada titik-titik tertentu dan tidak menyeluruh. Diperkirakan, luasan serangan tidak mencapai tiga hektar. "Hama itu mudah ditangani, petani tinggal menggunakan insektisida. Namun, harus diperhatikan, hama tersebut biasanya menyerang pada koropedang yang kurang sinar matahari," bebernya. (R-1)
http://www.krjogja.com/news/detail/44846/Koropedang.Purworejo.Diserang.Karat.Daun.html

Bacalah Juga Artikel Terkait :

1 komentar:

PAK SULAIMAN DI SIDOARJO mengatakan...

assalamualaikum wr.wb pertama tama saya panjakkan syukur kepada allah yang telah memberikan rahmat atau reskinya kepada saya dan mempertemukan saya juga dengan AKI RAHMAN dan melalui bantuan pesugihan beliau aku mendapatkan uang sebesar 20m,uang ini aku manfaatkan untuk menyumbankan sebagian dan juga pergunakan untuk membuka usaha karna sudah banyak para normal yang saya hubungi dan saya datangi tidak ada yang pernah membuahkan hasil dan mereka hanya menghabiskan uangku saja, jangan mudah percaya begituh saja sama para normal lainnya karna omongannya saja yang manis tidak ada buktinya dan yang bisa dipercaya cuma AKI RAHMAN saja karna beliau sudah banyak membantuh orang terutama saya dan ternyata masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya, yaa allah lindungilah orang jujur yang seperti ini karna aku juga tidak pernah menyanka kalau saya mendapatkan uang sebesar ini dan aku hampir putus asa karna uang saya habis ditipuh paranormal dan secara tidak sengaja saya menemukan postingan orang di internet tentan AKI RAHMAN dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya kalau saya benar benar yakin dan serius dengan pesugihan putihnya dan alhamdulillah berhasil akhirnya saya juga ingin berniat atau mempostin pesan sinkat ini supaya semua orang tau kalau masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya yaituh AKI RAHMAN dan bagi anda yang ingin dibantuh silahkan hubungi 085-260-482-111 mohon maaf kalau postingan pesan saya ini menggangguh anda dan apa yang saya tulis ini adalah unkapan kisah nyata dari saya PAK SULAIMAN kunjungi alamat web disini šŸ˜ƒPesugihan Putih Tanpa TumbalšŸ˜ƒ

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes