Selasa, 19 April 2011

Peluang Besar, Budidaya Koropedang Masih Minim

Purworejo, CyberNews. Peluang pasar komoditas hasil pertanian koropedang ternyata masih terbuka luas. Pasalnya, komoditas ini cukup bagus sebagai bahan baku membuat tahu, tempe, kecap, susu, obat, bahkan bisa untuk bahan pembuatan biodiesel.

Hal itu dikemukan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ir Dri Sumarno di sela-sela panen perdana koropedang di Desa Prumben, Kecamatan Gebang, Selasa (5/10).

"Banyak masyarakat yang belum tahu kegunaan koropedang. Sehingga dianggap komoditas ini tidak memiliki nilai ekonomi tinggi. Padahal sebaliknya," ujar Dri Sumarno.

Lebih lanjut diungkapkan Dri, pihaknya terus mendorong petani untuk membudidayakan koropedang agar produksinya di Kabupaten Purworejo meningkat. Apalagi Kabupaten Purworejo memiliki petugas penyuluh lapangan yang cukup banyak, sehingga petani bisa berkonsultasi langsung mengenai teknik budidaya tanaman ini.

Untuk mengakses pasar yang jelas, Distanhut Purworejo telah mengadakan kerjasama dengan pengusaha. Kabupaten Purworejo kini memiliki lahan budidaya koropedang seluas seratus hektare di sejumlah kecamatan. Pengusaha berani membeli koropedang asal Purworejo dengan harga Rp 2.300 per kilogram.

Dri mengakui produksi koropedang yang dibudidayakan petani di Kabupaten Purworejo belum optimal. Pada panen perdana yang dilakukan di Desa Prumben, produktifitas koropedang hanya mencapai rata-rata 5 - 6 ton setiap hektare.

"Jika dimaksimalkan, koropedang sanggup menghasilkan hingga sepuluh ton biji setiap hektare. Kondisi budidaya akan bagus jika mampu menghasilkan delapan ton biji setiap hektare," ucapnya.
Suwantoro, konsultan dan pembeli koropedang mengatakan, kurang optimalnya produksi diperkirakan lantaran perawatan yang kurang intensif. Selain itu, masih dijumpai petani yang belum memupuk koropedangnya sesuai aturan. "Kemungkinan petani masih mengganggap koropedang tanaman yang mudah tumbuh dalam segala kondisi, tanpa perawatan khusus," tandasnya.

( Nur Kholiq / CN13 )
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/10/05/66932/Peluang-Besar-Budidaya-Koropedang-Masih-Minim

Bacalah Juga Artikel Terkait :

2 komentar:

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan kewangan yang meliputi: Perancangan Perniagaan, Perdagangan dan Pembangunan Kewangan, Hartanah dan Gadai Janji, Pinjaman Penyatuan Hutang, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Semula Rumah dengan kadar faedah yang rendah pada 1.00% setiap tahun untuk individu, syarikat dan badan korporat. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga anda dan memiliki rumah impian anda serta skim Pinjaman Umum kami. Pemohon yang berminat harus menghubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
WhatsApp Only :: {33753893351}
E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Christy Morris mengatakan...

Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes