Selasa, 19 April 2011

Koropedang Purworejo Diserang Karat Daun

PURWOREJO (KRjogja.com) - Tanaman koropedang yang dibudidayakan petani di Kabupaten Purworejo terserang karat daun. Akibatnya, daun keriting dan akan mengganggu produksi buah koro.

Konsultan koropedang Purworejo, Dani Mpu Dandun mengatakan, jika tidak segera ditangani, biji koropedang yang dihasilkan bisa menurun. "Bisa pengaruh pada buah atau biji koro yang nantinya akan dihasilkan. Pasti kurang optimal," terangnya kepada KRjogja.com, usai melihat budidaya koropedang di Desa Pringgowijayan Kecamatan Kutoarjo, Sabtu (7/8).

Menurutnya, penyebab penyakit tersebut lantaran suplai makanan yang kurang. Dikatakan, kemungkinan petani kurang melakukan pemupukan, sehingga daya tahan tanaman berkurang.

Penyakit tersebut bisa ditangani dengan melakukan pemupukan yang rutin dan berimbang. "Ibaratnya tubuh manusia, jika suplai makanan kurang maka akan sakit. Tanaman juga memiliki tipe yang sama," paparnya.

Serangan karat daun tersebut tidak terjadi pada seluruh hamparan. Dalam satu hamparan, hanya ada satu dua tanaman koropedang yang terkena karat daun. "Kemungkinan pada tanah tempat tanaman sakit itu tumbuh, kondisi haranya kurang bagus," tuturnya.

Terpisah, Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Purworejo, Eko Anang SW menambahkan, keriting daun juga diakibatkan oleh serangan ulat dan kutu. "Serangga itu membuat daun keriting. Zat makanan dalam daun diserap hama sehingga tanaman tidak bisa produksi buah secara maksimal," ucapnya.

Namun, serangan hama tersebut hanya terjadi pada titik-titik tertentu dan tidak menyeluruh. Diperkirakan, luasan serangan tidak mencapai tiga hektar. "Hama itu mudah ditangani, petani tinggal menggunakan insektisida. Namun, harus diperhatikan, hama tersebut biasanya menyerang pada koropedang yang kurang sinar matahari," bebernya. (R-1)
http://www.krjogja.com/news/detail/44846/Koropedang.Purworejo.Diserang.Karat.Daun.html

Bacalah Juga Artikel Terkait :

2 komentar:

aditya.aulia139@gmail.com mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb

Email:::(aditya.aulia139@gmail.com)
(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Unknown mengatakan...

Saya SEKARANG FULFILL BERHARGA KERUGIAN DARI PINJAMAN I GOT DARI LFDS. Saya ingin membawa ini kepada notis orang ramai tentang bagaimana saya menghubungi LFDS selepas saya kehilangan pekerjaan saya dan ditolak pinjaman oleh bank saya dan kewangan lain institusi kerana skor kredit saya. Saya tidak dapat membayar yuran anak saya. Saya tertinggal di atas bil, kira-kira akan dibuang keluar rumah kerana saya tidak dapat membayar sewa saya. Pada masa ini, anak-anak saya diambil dari saya oleh penjagaan angkat. Kemudian saya berikan untuk mencari dana dalam talian di mana saya kehilangan $ 3,670 yang saya dipinjam dari rakan-rakan yang saya telah merobek oleh dua syarikat pinjaman dalam talian. Sehingga saya membaca tentang: Perkhidmatan Pembiayaan Le_Meridian (lfdsloans@outlook.com / lfdsloans@lemeridianfds.com) di suatu tempat di internet, Masih tidak meyakinkan kerana apa yang saya telah lalui sehingga saudara saya yang seorang paderi juga memberitahu saya mengenai skim pinjaman LFDS yang berterusan pada kadar faedah yang sangat rendah sebanyak 1.9 %% dan terma pembayaran balik yang indah tanpa penalti kerana gagal bayar pembayaran. Saya tidak mempunyai pilihan selain menghubungi mereka yang saya lakukan melalui teks + 1-989-394-3740 dan Encik Benjamin menjawab kembali kepada saya Hari itu adalah hari yang terbaik dan paling hebat dalam hidup saya yang tidak boleh dilupakan apabila saya menerima amaran kredit $ 400,000.00 Jumlah pinjaman kami yang dipohon. Saya menggunakan pinjaman dengan berkesan untuk membayar hutang saya dan memulakan perniagaan dan hari ini saya dan anak-anak saya sangat gembira dan memenuhi. Anda juga dapat menghubungi mereka melalui e-mel: (lfdsloans@outlook.com / lfdsloans@lemeridianfds.com) Helaian WhatsApptext: + 1-989-394-3740 Mengapa saya melakukan ini? Saya melakukan ini untuk menyelamatkan seberapa banyak yang memerlukan pinjaman tidak menjadi mangsa penipuan di internet. Terima kasih dan Tuhan memberkati anda semua, saya Oleksander Artem dari Horizon Park BC, Ukraine.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes